Social Icons

Minggu, 10 Maret 2013

Tugas Basis Data


1.       
·         Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
·         Pengolahan data adalah suatu bahan mentah yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu informasi.
·         Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
2.      1024 byte = .... bit
1 byte = 8 bit, 1,024 x 8 = 8,192 bit
3.      1 GB = .... byte
1 gigabyte (G / GB) = 230 bytes = 1,073,741,824 bytes
4.       
·         Field merupakan kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti tertentu; Contohnya, Field untuk Nomor Mahasiswa, Field untuk Nama Mahasiswa, Field untuk Mata Pelajaran dan lainnya.
·         File merupakan kumpulan dari record-record .contohnya ,Kumpulan dari Field dan Record Nama Mahasiswa.

5.       
·         DDL - Data Definition Language
Merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuatmengubah dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database.
Contoh perintah DDL pada MySQL : Pembuatan (CREATE), Perubahan (ALTER & RENAME), Penghapusan (DROP)

  • DML - Data Manipulation Language
    merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi data di dalam table seperti memasukkan, merubah dan menghapus isi data - dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.
Contoh perintah DML di MySQL :
·         CALL
·         DELETE
·         DO
·         HANDLER,dll

6.      Karena dengan menggunakan  DBMS dapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumlah yang besar dan dirancang untuk dapat melakukan manipulasi data dengan mudah sehingga lebih efisien dan efektif.

7.      1.varchar= tipe data karakter yang panjangnya tidak tetap
      2.TINYINT = adalah tipe data bilangan bulat yang rentangnya  -128 sampai 127 atau menggunakan     atribut unsigned dari 0 hingga 255
      3.text = tipe data yang dapat menampung semua tipe data.
      4. date = type data yang digunakan untuk mendiskripsikan tanggal.



8.  (Visual dBASE),Char (SQL),Text (Access),Alpha (Paradox)

Menyatakan tipe data untuk menyimpan deretan karakter seperti nama orang atau nama mobil Memo (Access dan Visual dBASE)
Text (PostgresSQL)
Untuk menyimpan deretan karakter dengan ukuran yang besar (melebihi 256 karakter) Number (Access)

Numeric (Visual dBASE)
Untuk menyimpan data bilangan Date/Time (Access) Untuk menyimpan data jam dan tanggal Date (Visual dBASE)
Date (PostgresSQL)
Untuk menyimpan tanggal Time (PostgresSQL) Untuk menyimpan data jam Currency (Access)
Money (Paradox)
Untuk menyimpan data uang Yes/No (Access)
Logical (Visual dBASE),Bool (PostgresSQL)
Untuk menyimpan data logika (benar atau salah) OLE (Visual dBASE)
OLE Object (Access)
Untuk menyimpan OLE. Dapat berupa objek seperti gambar atau bahkan suara Binary (Visual dBASE) Untuk menyimpan data gambar atau suara Graphics (Paradox) Untuk menyimpan data gambar Hyperlink (Access) Untuk menyimpan data hyperlink.
  1. Bit adalah suatu sistem angka biner yang terdiri atas dua macam nilai saja, yaitu 0 dan 1. Sistem angka biner merupakan dasar dasar yang dapat digunakan untuk komunikasi antara manusia dan mesin (komputer) yang merupakan sekumpulan komponen elektronik dan hanya dapat membedakan dua keadaan saja (on dan off). Jadi bit adalah unit terkecil dari pembentuk data.
Byte adalah bagian terkecil yang dapat dialamatkan dalam memori. Byte merupakan sekumpulan bit yang secara konvensional terdiri atas kombinasi delapan bit. Satu byte digunakan untuk mengkodekan satu buah karakter dalam memori. Contoh: Kode Ascii untuk J ialah 10101010. Jadi byte adalah kumpulan bit yang membentuk satu karakter (huruf, angka, atau tanda). Dengan kombinasi 8 bit, dapat diperoleh 256 karakter (= 2 pangkat 8).
Field atau kolom adalah unit terkecil yang disebut data. Field merupakan sekumpulan byte yang mempunyai makna. Contoh: Joni yang merupakan field nama.  Jadi field ibarat kumpulan karakter yang membentuk suatu kata.
Record atau baris adalah kumpulan item yang secara logic saling berhubungan. Setiap record dapat dikenali oleh sesuatu yang mengenalinya, yaitu field kunci. Gambar 1 merupakan contoh dari record. Jadi record ibarat kumpulan kata yang membentuk satu kalimat yang berarti, misal gambar 1 mewakili kalimat: Joni memenmpuh mata kuliah MIS (kode IS101) dengan nilai A.
File atau tabel adalah kumpulan record yang sejenis dan secara logic berhubungan. Pembuatan dan pemeliharaan file adalah faktor yang sangat penting dalam sistem informasi manajemen yang memakai komputer. Jadi tabel ibarat kumpulan baris/record yang membentuk satu tabel yang berarti, misal gambar 2 mewakili tabel nilai mata kuliah MIS.
Database merupakan kumpulan file-file yang berhubungan secara logis dan digunakan secara rutin pada operasi-operasi sistem informasi manajemen. Semua database umumnya berisi elemen-elemen data yang disusun ke dalam file-file yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi data untuk kegunaan tertentu. Jadi, suatu database adalah menunjukkan suatu kumpulan tabel yang dipakai dalam suatu lingkup perusahaan atau instansi untuk tujuan tertentu. Contoh suatu database adalah database akademik yang berisi file-file: mahasiswa, dosen, kurikulum, dan jadwal yang diperlukan untuk mendukung operasi sistim informasi akademik.

   10.Database Administrator
           database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk desain, pelaksanaan,      pemeliharaan dan perbaikan database organisasi.

        Application Programmer
            orang yang menulis program aplikasi dalam sebuah organisasi pengguna.

        Sophisticated User
            Pemakai yang telah berpengalaman, berinteraksi dengan system tanpa menulis program, tetapi memakai bahasa query. Setiap query akan mengajukan ke query processor yang mengambil dari perintah bahasa pemrograman.

        Native User
            Pemakai yang tidak berpengalaman, berinteraksi dengan system tanpa menulis program, tinggal menjalankan satu menu dan memilih proses yang telah ada atau telah dibuat oleh Programmer Aplikasi.

       Specialized User
            Pemakai khusus yang menuliskan aplikasi database tidak dalam kerangka data processing yang tradisional. Aplikasi tersebut diantaranya adalah Computer Aided Design System, Knowledge Base, Expert System, Sistem yang menyimpan data dalam bentuk data yang kompleks misalnya data grafik, data audio.

     11.   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar